Minggu, 03 Maret 2019

SEKILAS TENTANG METODE ABI-AKU BISA

Buku ABi Jilid 1



METODE ABI” AKU BISA


       A  .     Sekilas tentang Metode ABI

Metode  “ABI” Aku Bisa adalah salah satu terobosan baru dalam dunia pembelajaran Al-Qur’an. Sudah banyak metode-metode baca cepat yang diciptakan, namun masih belum bisa memenuhi permintaan masyarakat yang semakin meningkat dalam hal belajar Al-Qur’an. Metode-metode yang ada kebanyakan menggunakan cara-cara lama yang monoton sehingga cepat membuat bosan dalam belajar. Cara penyampaian materi yang kurang berpihak pada psikologis anak sering kali menjadi tekanan mental ketika belajar. Belum lagi menghadapi guru-gurunya yang kadangkala kurang ramah dan cenderung galak. Semua itu berujung kepada satu pandangan di mata anak bahwa belajar membaca Al-Qur’an itu susah.

Buku ABI jilid 2
  Kami ingin menghilangkan pandangan-pandangan tersebut dengan mengatakan bahwa “belajar membaca Al-Qur’an itu sangat mudah”. Kami ganti metode yang selama ini membosankan menjadi metode yang menyenangkan. Kesan guru yang kurang ramah diganti menjadi belajar yang menyenangkan.  Waktu belajar yang selama ini butuh waktu lama, bahkan bertahun-tahun, kami buat menjadi singkat.

Kami hadirkan metode ‘ABI” Aku Bisa dengan konsep yang sangat berbeda dengan metode-metode yang sudah ada sebelumnya. Konsep metode ABI di susun berdasarkan pengalaman riil di sebuah keluarga yang sudah berhasil mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada putri-putrinya yang masih balita. Metode ABI sudah dipergunakan di beberapa lembaga dan hasilnya sungguh luar biasa. Anak-anak yang menggunakan metode ini, mereka bisa membaca Al-Qur’an padahal usianya masih balita.   


B. Prinsip Dasar Metode Abi

Fast, Smart, and Fun (Fast Bisanya, Smart Caranya, dan Fun Belajarnya)



FAST


         Belajar membaca Al Qur’an tidak memerlukan waktu yang lama, dengan menggunakan metode ABI, siswa bisa membaca Al-Qur’an dalam waktu yang singkat. Berdasarkan pengalaman yang ada,  belajar dengan menggunakan metode ABI hanya memerlukan waktu 4-5 bulan. Salah satu klien kami adalah sebuah lembaga pendidikan anak usia balita usia 3-5 tahun telah mampu meluluskan anak-anak usia balita yang sudah bisa membaca Al-Qur’an hanya dalam jangka 5 bulan . Mereka belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode ABI.



SMART


Banyak metode membaca Al-Quran yang sudah beredar di masyarakat. Sebut saja : IQRO’, Qiroati, Al-Baghdadi, Utsmani, Abatatsa, Tsaqifa, Umi, An-Nur, Ar-Rahman, Asy-Stafi’i, dsb. Semua metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Ada yang cocok untuk usia anak-anak saja, ada yang cocok untuk usia dewasa saja, atau ada yang cocok untuk semua usia. Masing-masing metode mempunyai sasaran dan audien yang berbeda-beda.

Metode ABI kami rasa sudah tepat sasaran, cara belajar kami sesuaikan dengan perkembangan psikologis anak. Sistematika pembahasan materi juga mudah di cerna oleh para siswa balita sekalipun. Kami prioritaskan materi mana harus didahulukan, dan kami akhirkan materi mana yang bisa diakhirkan pembahasannya.



FUN

Belajar Al-Qur’an memang memerlukan keseriusan dan penuh konsenterasi. Namun di usia kanak-kanak, kedua hal tersebut akan sulit tercapai. Apalagi usia kanak-kanak adalah identik dengan usia bermain. Tak jarang seorang guru menjadi tidak sabar jika mengajar anak-anak membaca Al-Qur’an. Masalah yang sering timbul adalah guru sering marah-marah ketika belajar, bahkan yang ekstrem guru sampai memukul siswa-siswanya. Hal-hal semacam itu akan menimbulkan kejenuhan dan tekanan-tekanan psikologis pada anak ketika belajar Al-Qur’an. Kondisi yang seperti inilah yang sangat ingin kami hindarkan.

Bersama metode ABI, anak-anak akan belajar dengan rasa gembira dan  menyenangkan sehingga anak-anak tidak merasa bosan dan tetap antusias mengikuti pelajaran.



C. Mengapa Memilih Metode ABI

  • Disusun secara sistematis: materi yang seharusnya dipelajari terlebih dahulu, maka pembahasannya didahulukan.
  •  Menggunakan main mapping (menggunakan skema sebagai petunjuk arah pembahasan) dan rumus-rumus hukum tajwid, model ini sangat jarang ditemui pada metode-metode yang lain.
  • Setiap babnya diberikan pengayaan dan latihan yang cukup sebelum menginjak kepada bab selanjutnya sehingga mempermudah dan mempercepat pemahaman di setiap babnya.
  • Hampir keseluruhan contohnya diambil dari Al-Qur’an.
  • Desain yang menarik dan full colour sehingga tidak membosankan ketika belajar
  • Cara belajarnya yang FUN penuh ceria sehingga terhindar dari tekanan-tekanan

6 komentar:

PELATIHAN METODE ABI-AKU BISA